Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Kalimantan Barat 2017-2037

Gubernur Provinsi Kalimantan Barat telah menetapkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 1 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017-2037.

Peraturan tersebut dapat diunduh filenya pada bagian bawah artikel ini.

Provinsi Kalimantan Barat terletak di bagian barat Pulau Kalimantan.

Wilayah ini dilewati oleh garis Khatulistiwa, tepatnya di atas Kota Pontianak.

Karena pengaruh letak ini maka Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembaban yang tinggi.

Provinsi Kalimantan Barat memiliki luas wilayah 146.807 km2, memiliki 12 kabupaten dan 2 kota.

Sebanyak 5 kabupaten di wilayah utara provinsi ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia, yaitu: Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu, yang membujur sepanjang Pegunungan Kalingkang hingga Kapuas Hulu.

Adapun batas-batas wilayah Provinsi Kalimantan Barat yaitu, sebelah utara berbatasan dengan Sarawak (Malaysia), sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur, dan sebelah barat berbatasan dengan Laut Natuna dan Selat Karimata.

Jumlah penduduk Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan hasil proyeksi penduduk tahun 2015 berjumlah sekitar 5,3 juta jiwa di mana 2,7 juta jiwa merupakan laki-laki dan 2,6 juta jiwa merupakan perempuan.

Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 1 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017-2037 dapat diunduh (download) melalui link berikut:

DOWNLOAD

Jika link tersebut tidak berfungsi/mati atau jika menemukan kesulitan silakan memberitahu melalui formulir komentar.

Iqbal – Perencana.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *