Review Blog Pakar Ekonometrika: Econometrics Beat

Dalam kesempatan ini saya akan menyajikan review sebuah blog bertopik ekonometrika bernama Econometrics Beat: Dave Giles’ Blog yang beralamat di https://davegiles.blogspot.com yang dibuat oleh David Giles, pakar ekonometrika, profesor emeritus (update: kini beliau sudah pensiun) dari University of Victoria, Kanada.

Profesor David Giles menulis beberapa buku di bidang ekonomi dan ekonometrika seperti Handbook of Empirical Economics and Finance, Handbook of Applied Econometrics and Statistical Inference, Seemingly Unrelated Regression Equations Models: Estimation and Inference, dan Computer-Aided Econometrics.

Apa itu ekonometrika?

Bagi pengunjung blog ini yang belum pernah mendengar atau belum akrab dengan istilah tersebut, Ekonometrika adalah cabang ilmu ekonomi yang berhubungan dengan penerapan ekonomi matematis dengan menggunakan metode statistik (sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Ekonometrika digunakan dalam proses menemukan hubungan sebab akibat pada beberapa variabel serta melakukan peramalan (forecasting) berbasis teori dan data.

Misalnya dengan menggunakan data pertumbuhan sektor industri serta pertumbuhan penduduk usia produktif di suatu kabupaten, seorang peneliti mencoba menemukan pengaruh kedua variabel tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten tersebut serta memprediksi pertumbuhan tersebut beberapa tahun ke depan.

Di blognya, kita bisa merasakan nuansa antusias Dave Giles yang menyukai ekonometrika dan menguasai seluk-beluk tentangnya.

Tulisan-tulisan yang dibuatnya seakan membuat kita merasa sedang berada di kelasnya.

Banyak orang paham sesuatu, tapi belum tentu sempat mengajar tentang sesuatu itu.

Banyak orang sempat mengajar sesuatu, tetapi belum tentu sempat menulis tentang sesuatu yang diajarnya itu, apalagi dalam bentuk blog.

Nah, menggunakan platform Blogger milik Google, Dave Giles sempat-sempatnya meluangkan waktunya untuk meninggalkan jejak di dunia maya.

Sejak tulisan pertamanya pada 4 Juli 2011, blog tersebut telah memuat 949 artikel, dengan rata-rata 105 artikel per tahun, serta dilihat sebanyak 8 juta kali (total page views).

Dengan statistik pengunjung demikian, sebagian penggiat blogging mungkin akan menyayangkan kenapa blog itu tidak dimonetisasi dengan iklan.

Akan tetapi, menurut pengakuannya, di awal bikin Economic Beat beliau tidak pernah berharap blog tersebut akan menjangkau banyak pembaca.

Seiring berjalannya waktu blognya kian populer di niche ekonometrika.

Sayangnya beliau memutuskan untuk pensiun menulis blog pada Oktober 2019 lalu bersamaan dengan memasuki masa pensiun di usia 70 tahun.

Meski sudah tak akan membuat tulisan baru lagi, blog tersebut dibiarkan tetap online.

Yang menarik buat saya di antaranya melalui blog ini pembaca memperoleh latar belakang, cerita, atau sejarah di balik layar ekonometrika.

Hal menarik lainnya, penulis blog juga menyajikan rekomendasi bacaan berupa bacaan lebih lanjut (further reading) serta bacaan yang disarankan (suggested readings) untuk para pembaca blognya beserta link-nya.

Selain itu penulis blog menyertakan referensi di akhir pembahasan sehingga pembaca dapat mempelajari tulisan-tulisan yang menjadi landasan atau inspirasi artikel yang penulis buat.

Sebenarnya saya penasaran bagaimana pandangannya terhadap perkembangan ilmu-ilmu terkait forecasting terutama di era big data ini, sayangnya seperti saya sampaikan tadi, beliau telah pensiun dari menulis blog.

Meski sudah tidak akan ada tulisan yang baru tetapi blog ini tetap recommended buat dikunjungi karena pembahasan yang menarik untuk diselami.

Iqbal – Perencana.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *